Arsip Blog

Senin, 05 Mei 2014

6 Peristiwa terpenting penjelajahan ruang angkasa oleh manusia | Vento's Blog


Ketemu lagi nih sahabat Smarter. Pada Postingan kali ini, Admin mau ngasih tau tentang 6 Peristiwa terpenting penjelajahan ruang angkasa oleh manusia. Penasaran?? Simak Di Bawah Ini :

Satelit ditemukan alat untuk mengamati benda-benda langit, manusia belum meras puas, mereka ingin mengamati benda-benda langit dari tempat yang lebih dekat, oleh karena itu, dilakukanlah penjelajahan luar angkasa, berikut ini adalah peristiwa penting dalam penjelajahan ruang angkasa... 

1. Sputnik I 


     Merupakan satelit pertama buatan manusia, diluncurkan oleh Rusia pada tanggal 4 Oktober 1957. “Sputnik” dalam bahasa Rusia berarti Satelit. Berat satelit pertama ini 550 kg. Satelit pertama ini beredar pada orbitnya keliling bumi selama 3 bulan. 

2. Sputnik II 


     Merupakan satelit kedua. Sputnik ini mempunyai arti penting, karena didalamnya diisi penumpang hidup yang pertama melawat ke ruang angkasa, yaitu seekor anjing bernama Laika. Satelit ini diluncurkan tanggal 3 November 1957. Berat Sputnik II ini 560 kg. 

     Dalam lawatanya di ruang angkasa, Laika Mati ketika oksigen yang disediakan untuknya habis terpakai. Kemudian Sputnik II itu terbakar dalam atmosfer dan habis musnah bersama-sama dengan penumpangnya. 

3. Explorer I 


     Merupakan satelit buatan Amerika yang pertama. Berbeda dengan Sputnik yang berbentuk bola, Explorer berbentuk silinder dan beratnya hanya 60 kg. Jarak yang dicapai satelit ini antara 359 km – 2157 km diatas permukaan bumi. 

     Explorer I diluncurkan pada tanggal 31 Januari 1958 dan tetap beredar pada orbitnya selama beberapa tahun. 

4. Sputnik V 


     Sputnik V membawa penumpang dua ekor anjing bernama Strella dan Belka serta beberapa jenis tumbuhan. Sputnik V merupakan satelit yang dapay kembali ke bumi dengan selamat bersama dengan penumpangnya setelah beredar sehari. Satelit ini beredar di angkasa pada ketinggian antara 288-322 km diatas permukaan bumi. Berat satelit ini kurang lebih 4,5 ton dan diluncurkan pada tanggal 19 agustus 1960. 

5. Vostok I 


     Merupakan satelis pertama yang berawak manusia yang diluncurkan tanggal 12 April 1961. Kosmonot Rusia pertama yaitu Mayor Yuri Gagarin telah melayang pada ketnggian maksimal 300,4 km selama 108 menit. Vostok I mendarat kembali ke bumi dengan selamat. 

6. Proyek Mercury 


     Kurang dari sebulan kemudian, priyek Merkury Amerika Serikat meluncurkan astronot pertamanya ke ruang angkasa, yaitu Alan B.Shepard. Astronot Amerika pertama ini mengangkasa selama 15 menit dan mencapai ketinggian maksimal 184 km, dan kemudian mendarat di Laut Atlantik dengan selamat. 

Gimana Sahabat Smarter??? Jika Sahabat Smarter masih penasaran Simak Fakta Lainnya hanya di Vento Deco's Blog. Jangan Lupa Comment dan Ikuti blog ini untuk mengikuti postingan fakta-fakta lainnya. Jika ada yang perlu diperbaiki, mohon comment dibawah ini.
Semoga Bermanfaat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar