Arsip Blog

Rabu, 07 Mei 2014

10 Negara Terkecil di Dunia | Vento's Blog


Ketemu lagi nih sahabat Smarter. Pada Postingan kali ini, Admin mau ngasih tau tentang 10 Negara Terkecil di Dunia. Penasaran?? Simak Di Bawah Ini :

Selain list negara-negara terluas dan terbesar, ada juga nih daftar 10 negara-negara terkecil dari segi wilayah, langsung saja yoo...


1. Vatikan


     Negara Kota Vatikan merupakan negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. 100% penduduknya beragama katholik dan tinggal dalam suatu wilayah yang dikelilingi benteng kota dan seluruhnya berbatasan dengan italia.

2. Monako


     Monako mempunyai luas wilayah 202 km² dan populasi sebesar 36,371, dan membuat Monako menjadi negara kedua terkecil, dan paling padat penduduk di dunia. Negara ini persis menghadap ke Laut Tengah dan berbatasan dengan Perancis.

3. Nauru
     Negara yang terletak di Damudera Pasifik ini adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia. Negara ini tidak memiliki ibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir. Tetangga terdekat Nauru adalah Kepulauan Banaba, Kiribati. Dengan 9.378 penduduk, Nauru adalah negara dengan penduduk paling sedikit kedua setelah Vatikan.

4. Tuvalu
     Tuvalu terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia, lebih besar dari Kota Vatikan denagn luas 0,44 km2 , Monako dengan luas 1,95 km2 dan Nauru dengan luas 21 km2.

5. San Marino
     Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan seluruhnya dikelilingi oleh Italia. San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

6. Liechtenstein
     Negara yang beribu kota Vaduz ini adalah sebuah negara kepangeranan seluas kurang lebih 120kilometer persegi yang terkurung daratan. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.

7. Kepulauan Marshall

http://www.tourist-destinations.com
     Kep. Marshall terdiri dari 29 atol (pulau karang) dan 5 pulau terpencil. Negara ini berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara.

8. Saint Kitts dan Nevis
     Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya dan jumlah penduduknya. Saint Kitts dan Nevis merupakan pulau-pulau pertama di Karibia yang disinggahi orang Eropa. Saint Kitts dahulu adalah rumah bagi perkampungan Inggris dan Perancis pertama di Karibia.

9. Maladewa
     Negara di sebelah selatan india ini merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia. Tinggi rata-rata permukaan tanah di Maladewa adalah 1.5 meter di atas permukaan laut, hal ini menjadikannya negara dengan permukaan terendah di seluruh dunia. Puncak tertinggi Maladewa hanya 2.3 meter di atas permukaan laut sehingga negara ini juga dikenal sebagai negara yang memiliki puncak tertinggi paling rendah di dunia

     Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengahLaut Tengah. Letaknya yang strategis telah menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Kebanyak dari penduduk Malta adalah Keturunan Italia dan Libya, hampir 75% dari total penduduk sedangkan Muslim sekitar 19% kebanyakan keturunan dari Libya.

Gimana Sahabat Smarter??? Jika Sahabat Smarter masih penasaran Simak Fakta Lainnya hanya di Vento Deco's Blog. Jangan Lupa Comment dan Ikuti blog ini untuk mengikuti postingan fakta-fakta lainnya. Jika ada yang perlu diperbaiki, mohon comment dibawah ini.
Semoga Bermanfaat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar